Makna Kitab Kuning Fathul Qorib (Fathul Qarib) Terjemahan

I'rab Kitab Fathul Qorib


Pingin tahu i'rab Kitab Fathul Qorib ? Sebelumnya kita berkenalan dahulu dengan kitab ini. Kitab Faraid Fathul Qorib ini sangat terkenal di kalangan pesantren yang tersebar di Nusantara.

Kitab dengan nama Fathul Qorib ini menjadi Favorit bagi santri pemula maupun umat Islam yang baru mengkaji ilmu fiqih. Malahan, Universitas Al-Azhar di Mesir menjadikan kitab ini sebagai kitab wajib yang harus dikaji.

Kitab fiqih bermazhab Asy-Syafi’i ini ditulis oleh Ibnu Qosim Al Ghazi secara amat singkat serta sistematis. Kitab Fathul Qarib ialah penjelasan dari kitab yang dikarang oleh Al Qadhi Abu Syuja, yaitu Al-Ghayah wa At-Taqrib.

Dalam sebagian teks kitab Abu Syuja tersebut, acap kali dinamai At Taqrib dan kadang-kadang juga disebut dengan Ghayatul Ikhtishar. Karena itu, Al-Ghazi menamai kitab Fathul Qorib ini dengan dua nama, yakni Fathul Qorib Al Mujib Fi Syarhi Alfadzi At Taqrib serta Al Qaul Al Mukhtar Fi Syarhi Ghayatil Ikhtishar.

Dalam muqoddimah kitab Fathul Qorib ini, Al Ghazi berharap untuk yang pemula bisa mendapat manfa’at dalam masalah cabang syari’at serta agama. Selain itu, kitab ini juga diharapkan dapat menjadi media bagi umat Islam yang ingin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. sebab, sesungguhnya Allah amat dekat.

Sebelum membahas isi dalam kitab ini, sebaiknya mengetahui penulisnya terlebih dahulu. Nama komplitnya adalah Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Qasim Al Ghazi. Ulama ini dilahirkan di Ghaza Palestina, pada bulan Rajab 859 Hijriyah.

Di kota tersebut juga Al Ghazi tumbuh menjadi dewasa. Tetapi, di tahun 881 Hijriah beliau selanjutnya memutuskan hijrah ke Mesir bagi menuntut ilmu sampai kemudian menjadi ulama yang dihormati karena keilmuannya.

Selama menuntut ilmu, Al Ghazi mengkaji kepada banyak ulama buat memperdalam ilmu fiqih, ilmu qiraat, mengkaji tata bahasa Arab, dan ilmu-ilmu agama lainnya. Bahkan, Al Ghazi juga mengkaji ilmu umum seperti matematika.

Al Ghazi juga adalah salah satu ulama yang hafal Alquran. Suaranya merdu sekali, sehingga orang yang shalat yang bermakmum di belakangnya tidak akan bosan mendengar kalam Ilahi yang dibacanya.

Al Ghazi wafat di malam Rabu, 6 Muharram 918 Hijriah, tapi ada juga versi yang lain yang menyatakan bahwa beliau wafat di Jumat 15 Muharram.

Kitab Fathul Qorib bukanlah merupakan kitab syarah yang panjang lebar serta membosankan, tapi pula bukan kitab ringkas yang dapat merusak arti. Karya Al Ghazi yang satu ini merupakan kitab yang berisi mengenai ilmu buat mengetahui hukum-hukum syariat yang diambil dari dalil-dalil terperinci.

Isi dari kitab Fathul Qorib ini terdiri dari muqaddimah dan pembahasan ilmu fiqih yang dengan cara garis besar terdiri atas 4 bagian, yaitu seputar cara praktek ibadah, muamalat, problem nikah, dan kajian hukum Islam yang berbicara mengenai kriminalitas atau jinayat.

Seperti halnya kitab fiqih, pada sub bahasan ke satu kitab Fathul Qorib ini, Al Ghazi menjelaskan seputar sebagian tuntunan pelaksanaan ibadah yang terdiri dari 5 penjelasan, yaitu bersuci, sholat, zakat, puasa serta haji.

Dalam menjelaskan tentang bersuci maupun thaharoh, Al Ghazi membahas 13 pasal. Di antaranya, perihal benda-benda najis, memakai siwak, wudhu, adab buang air kecil dan besar, tayammum, serta mengenai haid dan nifas.

Al Ghazi menjelaskan, thaharah berasal dari kata annazhofat yang punya makna bersuci. Sementara Itu menurut istilah maknanya adalah  suatu perbuatan yang menjadi syarat sahnya shalat seumpama wudhu, mandi, tayamum, serta menghilangkan najis. Sementara Itu thuharot berarti alat untuk bersuci.

Tata cara bersuci sangat penting untuk menjalani ibadah. karena, kalau metode bersucinya saja tak benar, maka ibadah yang dilakukan jelaslah bakal menjadi sia-sia. Karena itu, penjelasan ini mesti diketahui buat seseorang yang baru mempelajari agama Islam.

Sesudah mengetahui bab thaharah,  selanjutnya diajarkan lebih dalam seputar metode sholat. Dalam fasal ini, Al Ghazi menjelaskan seputar syarat orang yang wajib sholat, macam-macam shalat, dan semua hal yang berkaitan dengan shalat.

Selain itu, ia juga menerangkan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan dalam melakukan sholat. Umpamanya, perbedaan dalam hal aurat yang mesti ditutup dan perbedaan metode mengingatkan imam sholat.

Selanjutnya, pada bagian ke dua, Al Ghazi membahas perihal masalah muamalat. Penjelasan perihal interaksi sosial dan ekonomi ini terbagi menjadi dua pokok pembahasan. Pertama, tentang hukum jual beli serta muamalah lainnya. Ke dua, perihal hukum warisan serta wasiat.

Dalam penjelasan jual beli ini, Al Ghazi diantaranya menjelaskan seputar ghasab. Menurut beliau, ghasab ialah memakai maupun merampas harta orang lain tanpa izin yang punya. Ghasab berbeda dengan mencuri. Bila ghasab, mengambil hak milik orang lain dengan terus terang dan memaksa.

Sementara, mencuri adalah merampas harta milik orang lain dengan cara diam-diam. Jadi, ghasab hampir sama dengan begal atau merampok. Penjelasan mengenai begal sendiri pula dijelaskan dengan cara terpisah dalam kitab ini.

Kemudian, di bagian ke 3, Al Ghazi membahas mengenai pernikahan serta yang berkaitan dengannya. Sedangkan di sub bahasan ke empat terdiri atas delapan penjelasan, di antaranya perihal jinayat serta hukuman. Di pembahasan ini, kita dapat mengetahui bagaimana seharusnya para pencuri, koruptor, dan pembunuh dihukum sesuai syariat Islam.

Di bagian terakhir kitab ini, Al Ghazi lalu membahas tentang hukum hewan buruan, sembelihan, qurban dan makanan, perlombaan hewan dan lomba memanah, sumpah dan nazar, keputusan serta persaksian, serta tentang memerdekakan budak.

I'rab Kitab Fathul Qorib
Untuk mempelajari i'rab Kitab Fathul Qorib, diperlukan ruang atau blog khusus yang membahas i'rob matan atau syarah kitab ini. Sebagai contoh, Saya akan mengi'robi muqoddimahnya, tepatnya di halaman 3 yang berbunyi :

وَوَصَفَ الْمُصَنِّفُ مُخْتَصَرَهُ بِأَوْصَافٍ، مِنْهَا أَنَّهُ فِي غَايَةِ الْاِخْتِصَارِ وَنِهَايَةِ الْإِيْجَازِ

I'rabnya adalah sebagai berikut :

وَ = isti'naf
وَصَفَ = fi'il
الْمُصَنِّفُ = fa'il
مُخْتَصَرَهُ = maf'ul/mudhaf mudhaf ilaih
بِأَوْصَافٍ = jar majrur
مِنْهَا = jar majrur
أَنَّهُ = amil anna - isim anna
فِي = jar
غَايَةِ = majrur/mudhaf
الْاِخْتِصَارِ = mudhaf ilaih
وَ = athaf'
نِهَايَةِ = ma'thuf ke غاية
الْإِيْجَازِ =  ma'thuf keالاختصار

dan seterusnya. Insya Allah nanti Saya akan buat artikel khusus tentang i'rab Kitab Fathul Qorib ini sedikit sedikit secara bertahap. Jika penasaran, Sobat bisa mengunjungi blog yang memang khusus menulis dan membahas hal ini, seperti blog Abi Hilya atau bisa juga nyari bahan unduhan i'rab Kitab Fathul Qorib pdf.

Untuk Sobat yang akan memiliki kitab ini, Anda dapat membelinya di marketplace lokal seumpama di Shopee, Bukalapak maupun Tokopedia. Sebagian tampilan Kitab Fathul Qorib yang banyak ditawarkan di toko online antara lain :


I'rab Kitab Fathul Qorib


Di Tokopedia didagangkan dikisaran Rp. 7400




Di Tokopedia ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 57.000 - Rp. 81.000
Di Shopee dijual dikisaran Rp. 65.000




Di Bukalapak dijual pada kisaran Rp. 94.000 - Rp. 120.000
Di Tokopedia didagangkan pada kisaran Rp. 124.000
Di Shopee dijual pada kisaran Rp. 93.000




Di Bukalapak didagangkan pada kisaran Rp. 60.000




Di Shopee didagangkan dengan harga sekitar Rp. 75.000 - Rp. 165.000
Di Tokopedia didagangkan dikisaran Rp. 175.000




Di Shopee didagangkan pada kisaran Rp. 27.000




Di Shopee didagangkan dikisaran Rp. 45.000 - Rp. 50.000




Di Shopee dijual dengan harga sekitar Rp. 38.700 - Rp. 50.000
Di Tokopedia ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 50.000




Di Shopee didagangkan dengan harga sekitar Rp. 50.500 - Rp. 60.000

Bila buat sekarang ini Anda tak berkenan membelinya, bisa juga menggali informasi isi Kitab Fathl Qorib via Playstore. Beberapa contoh apk Kitab Fathul Qorib yang bisa Sobat download antara lain :

Fathul Qorib (Taqrib)


Apk Kitab Fathul Qorib ini terdiri dari :
- Pendahuluan
- Bersuci
- Sholat
- Jenis sholat
- Zakat
- Puasa
- Haji
- Transaksi serta waris
- Nikah
- Talak
- Jinayah
- Zina
- Jihad
- Berburu dan menyembelih
- Perlombaan serta memanah
- Iman dan nadhar
- Hukum serta saksi

Kitab Fathul Qorib dan Terjemahan


Daftar kandungan Fathul Qorib :
- Muqoddimah
- Bersuci
- Shalat
- Zakat
- Puasa
- Haji
- Jual Beli
- Waris dan Wasiat
- Nikah
- Perceraian
- Jinayat
- Hudud
- Jihad
- Buruan dan Sembelihan
- Lomba serta Memanah
- Sumpah dan Nadzar
- Hukum dan Kesaksian
- Memerdekakan Budak

Fathul Qorib Makna Pesantren


Kitab Fathul Qorib adalah kitab yang mengkaji seputar hukum dasar dari fiqih termasuk didalamnya ada ibadah dan mu'amalah. Kitab ini sangat tak asing dikalangan santri, sebab kitab fathul qorib ini adalah termasuk kitab wajib dan termasuk tahp permulaan ketika memahami kitab fiqih.

Terjemah Fathul Qorib Lengkap
Apk Terjemah Fathul Qorib Lengkap berisi ringkasan fiqih madzhab Syafi'i lengkap


Selain mengkaji lewat apk, Anda pula bisa belajar via online dengan membaca web yang khusus mengkaji Kitab Fathul Qorib semisal web yang sedang Anda baca ini, atau bisa pula dengan mengunduh ebook Kitab Fathul Qorib dari situs yang menyediakannya.

Demikian sekilas pandang seputar i'rab Kitab Fathul Qorib, sebelum kita mengkaji lebih jauh dari kandungan kitab tersebut. Baca pula postingan lain tentang :
- harakat kitab fathul qorib
- kitab kuning fathul qorib
- kitab fathul qorib terjemah perkata
- kitab petuk fathul qorib pdf
- soal dan jawaban kitab fathul qorib
- pengertian niat dalam kitab fathul qorib
- apa arti fathul qorib

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Kitab Fathul Qorib


1 Komentar untuk "I'rab Kitab Fathul Qorib"

Boleh kah di donwnload

Back To Top