Saat ini Kami akan menulis terjemahan Kitab Fathul Qorib bab warisan atau matan Taqrib bab faraid. Lafadz “الْفَرَائِضُ” adalah bentuk kalimat jama’ dari lafardz “فَرِيْضَة” dengan menggunakan makna faladz “مَفْرُوْضَةٍ” yang diambil dari bentuk kalimat masdar “الْفَرْضِ” dengan menggunakan makna bagian pasti.
Al faridlah secara syara’ adalah nama bagian pasti bagi orang yang kena haknya.
Lafadz “ وَصَايَا ” adalah bentuk kalimat jama’ lafadz “وَصِيَّةٍ” dari kata-kata “aku menyambung sesuatu dengan sesuatu yang lain ketika aku menyambungnya dengan sesuatu yang lain tersebut”.
Wasiat secara syara’ adalah bersedekah sunnah dengan suatu hak yang disandarkan pada masa setelah meninggal dunia.
وَالْوَارِثُوْنَ مِنَ الرِّجَالِ
Golongan ahli waris dari pihak laki-laki yang disepati berhak menerima warisan
عَشْرَةٌ
ada sepuluh orang secara ringkas, dan lima belas orang secara terperinci. Mushannif menyebutkan sepuluh orang tersebut dengan perkataan beliau, yaitu
الاِبْنُ وَابْنُ الْاِبْنِ وَإِنْ سَفُلَ وَالْأَبُّ وَالْجَدُّ وَإِنْ عَلَا وَالْأَخُ وَابْنُ الْلأَخِ وَإِنْ تَرَاخَى وَالْعَمُّ وَابْنُ الْعَمِّ وَإِنْ تَبَاعَدَا وَالزَّوْجُ وَالْمَوْلَى الْمُعْتِقُ
anak laki-laki, anak laki-laki dari anak laki-laki terus hingga ke bawah, ayah, kakek hingga terus ke atas, saudara laki-laki, putra dari saudara laki-laki walaupun agak jauh, paman dari ayah, putra paman dari ayah walaupun jarak keduanya jauh, suami, dan majikan yang telah memerdekakan.
Seandainya semua golongan laki-laki ini berkumpul, maka yang mendapatkan warisan dari mereka hanya tiga orang, yaitu ayah, anak laki-laki dan suami. Mayat dalam kasus ini tidak lain adalah mayat perempuan.
وَالْوَارِثَاتُ مِنَ النِّسَاءِ
Golongan ahli waris dari pihak perempuan yang disepakati berhak mendapat warisan
سَبْعٌ
ada tujuh orang secara ringkas, dan sepuluh orang secara terperinci. Mushannif menyebutkan ketujuh golongan tersebut di dalam perkataan beliau yaitu
الْبِنْتُ وَبِنْتُ الْاِبْنِ
anak perempuan, cucu perempuan dari anak laki-laki walaupun hingga ke bawah
وَالْأُمُّ وَالْجَدَّةُ
ibu, nenek walaupun hingga ke atas,
وَالْأُخْتُ وَالزَّوْجَةُ وَالْمَوْلَاةُ الْمُعْتِقَةُ
saudara perempuan, istri, dan majikan perempuan yang memerdekan hingga akhir penjelasan beliau.
Seandainya seluruh golongan perempuan saja yang berkumpul,
maka yang mendapat warisan dari mereka hanya lima orang, yaitu anak perempuan,
cucu perempuan dari anak laki-laki, ibu, istri dan saudara perempuan seibu
sebapak. Mayat dalam bentuk ini tidak lain kecuali berupa mayat laki-laki.
وَمَنْ لَا يَسْقُطُ
Golongan yang tidak akan pernah gugur sebagai ahli waris
بِحَالٍ خَمْسَةٌ الزَّوْجَانِ
dalam berbagai keadaan ada lima orang, yaitu suami dan istri,
وَالْأَبَوَانِ
dan ayah dan ibu,
وَوَلَدُ الصُّلْبِ
dan putra kandung, baik laki-laki atau perempuan.
وَمَنْ لَا يَرِثُ بِحَالٍ سَبْعَةٌ الْعَبْدُ
Orang yang sama sekali tidak bisa mendapat warisan dalam berbagai keadaan ada tujuh, yaitu budak laki-laki dan perempuan. Seandainya mushannif menggungkapkan dengan bahasa “رَّقِيْقِ”, niscaya akan lebih baik.
وَالْمُدَبَّرُ وَأُمُّ الْوَلَدِ وَالْمُكَاتَبُ
Selanjutnya budak mudabbar, ummul walad, dan budak
mukatab.
Adapun budak yang sebagiannya distatuskan merdeka, ketika meninggal dunia dan meninggalkan harta yang ia miliki dengan status merdeka pada sebagian dari dirinya, maka ia akan diwaris oleh kerabatnya yang merdeka, istrinya dan orang yang memerdekakan sebagian dirinya.
وَالْقَاتِلُ
Dan orang yang membunuh. Seorang pembunuh tidak bisa mewaris orang yang ia bunuh, baik pembunuhan yang ia lakukan mendapatkan denda ataupun tidak.
وَالْمُرْتَدُ
Dan orang murtad. Seperti orang murtad adalah orang kafir zindiq. Kafir zindiq adalah orang yang menyebunyikan kekafirannya dan memperlihatkan keislamannya.
وَأَهْلُ مِلَّتَيْنِ
Dan penganut dua agama yang berbeda. Sehingga orang muslim tidak bisa mewaris orang kafir, dan juga tidak bisa sebaliknya. Orang kafir bisa mendapat warisan dari orang kafir yang lain walaupun agama keduanya berbeda seperti orang yahudi dan orang nashrani.
Orang kafir harbi tidak bisa mewaris orang kafir dzimmi, dan tidak juga sebaliknya. Orang murtad tidak bisa mewaris orang murtad yang lain, tidak dari orang muslim dan tidak dari orang kafir.
وَأَقْرَبُ الْعَصَبَاتِ
Dan golongan waris ashabah yang terdekat. Dalam sebagian redaksi menggunakan kalimat mufrad “الْعَصَبَةُ”. Yang dikehendaki dengan golongan waris ashabah adalah orang yang ketika dalam keadaan diashabahkan tidak memiliki bagian pasti, yaitu dari orang-orang yang disepakati berhak mendapat warisan dan telah dijelaskan di depan.
Yang dipertimbangkan adalah bagian ketika dalam keadaan ashabah agar memasukkan ayah dan kakek. Karena sesungguhnya masing-masing dari keduanya memiliki bagian pasti di selain keadaan ashabah. Kemudian mushannif menghitung / menampilkan urutan terdekat di dalam perkataan beliau
الْاِبْنُ ثُمُّ ابْنُهُ ثُمَّ الْأَبُّ ثُمَّ أَبُوْهُ ثُمَّ الْأَخُّ لِلْأَبِّ وَلِلْأُمِّ ثُمَّ الْأَخُّ لِلْأَبِّ ثُمَّ ابْنُ الْأَخِ لِلْأَبِّ وَلِأُمٍّ ثُمَّ ابْنُ الْأَخِّ لِلْأَبِّ
yaitu anak laki-laki, lalu cucu laki-laki dari anak laki-laki, kemudian ayah, ayahnya ayah, saudara laki-laki kandung seayah dan seibu, saudara laki-laki seayah, anak laki-lakinya saudara laki-laki seayah seibu, kemudian anak laki-lakinya saudara laki-laki seayah, hingga akhir penjelasannya. Perkataan mushannif,
ثُمَّ الْعَمُّ عَلَى هَذَا التَّرْتِيْبِ ثُمَّ ابْنُهُ
kemudian paman dari ayah sesuai dengan urutan ini, lalu anak laki-lakinya, maksudnya kemudian didahulukan paman dari ayah yang seayah seibu, lalu paman dari ayah yang seayah, anak-anak laki-lakinya paman dari ayah sesuai dengan urutan di atas, lalu didahulukan pamannya ayah dari jalurnya kakek yang seayah seibu dengan ayah, kemudian yang seayah, lalu anak-anak laki-laki keduanya sesuai dengan urutan di atas, kemudian didahulukan pamannya kakek dari jalur ayahnya kakek yang seayah seibu, lalu yang seayah dan begitu seterusnya.
فَإِذَا عُدِمَتِ الْعَصَبَاتُ
Ketika golongan ahli waris ashabah dari jalur nasab tidak ada, sedangkan mayatnya adalah budak yang telah dimerdekakan,
فَالْمَوْلَى الْمُعْتِقُ
maka majikan yang telah memerdekakannya mendapat warisan dari dia dengan waris ashabah, baik majikan yang memerdekakan tersebut laki-laki atau perempuan.
Jika tidak ditemukan ahli waris ashabah si mayat dari jalur nasab dan sebab wala’, maka harta tinggalan si mayit menjadi milik baitul mal.
BACA JUGA : 7 Rekomendasi Kitab Fathul Qorib
1 Komentar untuk "Terjemahan Kitab Fathul Qorib Bab Warisan (Matan Taqrib Bab Faraid)"
semoga menjadikan amal yg terus mengalir