Makna Kitab Kuning Fathul Qorib (Fathul Qarib) Terjemahan

Terjemahan Kitab Fathul Qorib Bab Riba


Kesempatan kali ini Saya akan menulis terjemah Kitab Fathul Qorib bab riba yang bisa Anda lihat di kitabnya di halaman 31.

فَصْلٌ

Fasal ini,  menjelaskan riba. Lafadz “رِّبَا” ini ditulis dengan menggunakan alif maqshurah. Arti riba secara bahasa adalah tambahan. Dan secara syara’ adalah menukar sesuatu dengan sesuatu yang lain yang tidak diketahui kesetaraannya di dalam ukuran syar’i ketika akad, atau dengan menunda penyerahan kedua barang yang ditukar atau salah satunya.

وَالرِّبَا حَرَامٌ

Akad riba itu hukumnya haram.

وَإِنَّمَا يَكُوْنُ فِيْ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْمَطْعُوْمَاتِ

Akad riba hanya terjadi pada emas, perak dan makanan.
Yang di maksud dengan makanan adalah benda-benda yang biasanya ditujukan untuk makanan guna penguat badan, camilan, atau obat-obatan. Dan riba tidak terjadi pada selain barang-barang tersebut.

وَلَا يَجُوْزُ بَيْعُ الذَّهَبِ بِالذَّهَبِ وَلَا الْفِضَّةِ كَذَلِكَ

Tidak boleh menjual emas dengan emas, dan begitu juga menjual perak  dengan perak, baik keduanya sudah dicetak ataupun belum,

إِلَّا مُتَمَاثِلًا

kecuali ukurannya sama.
Maka tidak sah menjual sesuatu dari barang tersebut dengan ukuran yang berbeda.

نَقْدًا

dengan cara tunai. 
Maka kalau sesuatu dari barang tersebut dijual dengan cara tempo, maka hukumnya tidak sah.

وَلَا بَيْعُ مَا ابْتَاعَهُ حَتَّى يَقْبِضَهُ

Tidak sah menjual barang yang telah dibeli oleh seseorang kecuali ia telah menerimanya, baik ia jual lagi kepada penjual barang tersebut atau pada yang lainnya.

وَلَا بَيْعُ اللَّحْمِ بِالْحَيَوَانِ

Tidak boleh menjual daging yang dibeli dengan binatang, baik daging dari jenis binatang tersebut seperti menjual daging kambing dibeli dengan kambing, atau dari selain jenis binatang tersebut akan tetapi masih dari dagingnya binatang yang halal dimakan seperti menjual daging sapi dibeli dengan satu ekor kambing.

وَيَجُوْزُ بَيْعُ الذَّهَبِ بِالْفِضَّةِ مُتَفَاضِلًا نَقْدًا

Diperbolehkan menjual emas dibeli dengan perak dengan ukuran berbeda, secara kontan, maksudnya seketika diterima sebelum berpisah.

وَكَذِلَكَ الْمَطْعُوْمَاتُ لَايَجُوْزُ بَيْعُ الْجِنْسِ مِنْهَا بِمِثْلِهِ إِلَّا مُتَمَاثِلًا نَقْدًا

Begitu juga makanan, tidak boleh menjual satu jenis makanan dibeli dengan jenis makanan yang sama kecuali dengan ukuran yang sama dan kontan, maksudnya diterima seketika sebelum berpisah.

وَيَجُوْزُ بَيْعُ الْجِنْسِ مِنْهَا بِغَيْرِهِ مُتَفَاضِلًا نَقْدًا

Dan boleh menjual satu jenis makanan dibeli dengan jenis makanan yang lain dengan ukuran berbeda, akan tetapi harus kontan, maksudnya diterima seketika sebelum berpisah.

Maka, kalau kedua orang yang melakukan transaksi berpisah sebelum menerima semua barangnya, maka hukum akadnya batal. Atau setelah menerima sebagiannya saja, maka dalam permasalahan ini terdapat dua pendapat tentang memisah akad.

وَلَا يَجُوْزُ بَيْعُ الْغَرَرِ

Tidak boleh melakukan transaksi yang mengandung unsur tidak jelas / penipuan, seperti menjual salah satu budak dari budak-budaknya (tanpa ditentukan yang mana) atau menjual burung yang sedang terbang di angkasa.

Baca pula fasal selanjutnya tentang khiyar

Bagi Sobat yang sedang mencari produk terkait Kitab Fathul Qorib, bisa dilihat di sini

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Kitab Fathul Qorib


0 Komentar untuk "Terjemahan Kitab Fathul Qorib Bab Riba"

Back To Top